Apa Itu Kebijakan Publik

 

Halo sobat publik. apakah kamu tahu apa itu kebijakan publik? Secara sederhana Public Policy atau kebijakan publik adalah pilihan yang diambil pemerintah sebagai hasil dari proses politik untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. mengapa demikian ? karena setiap pilihan yang di ambil oleh pemerintah adalah sebuah kebijakan yang sudah melalui berbagai proses untuk menanggapi issue dan permasalah yang ada ditengah masyarakat.

Idelnya kebijakan publik ada untuk menyelesaikan permasalahan, namun kita tahu bahwa tidak semua permasalahan publik mudah diselesaikan begitu saja, sehingga kata menanggapi issue dan permasalahan mungkin lebih cocok untuk membahas kebijakan publik sebagai bentuk respon pemerintah dari tuntutan masyarakat. Maka dari itu untuk lebih memahami kebijakan publik, pada artikel ini penulis akan menjelaskan kebijakan publik secara konsep dan teori menurut beberapa ahli  sebagai berikut.

Defenisi Kebijakan Publik Menurut Ahli

1. Candler dan Plano (1988), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah pemanfaatan yang  strategis terhadap  sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah publik atau pemerintah.

2. Wiliam N. Dunn (1994), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah suatu rangkain pilihan yang saling berhubungan yang dibuat oleh lembaga atau pejabat pemerintah pada bidang-bidang yang menyangkut tugas pemerintah, seperti pertahanan, keamanan, energi, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan masyarakat kriminalitas, perkotaan dan lain-lain

3. Thomas R, Dye (1981), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah apapun yang dipilih pemerintah untuk dilakukan atau tidak dilakukan. dye mengatakan bahwa apabila pemerintah memilih untuk melakukan sesuatu maka harus  ada tujuannya (Objektifnya) dan kebijakan publik itu meliputi semua tindakan pemerintah, jadi bukan semata-mata merupakan pernyataan keinginan pemerintah atau pejabat pemerintah saja

4. Chaizi Nasucha (2004), mengatakan bahwa kebijakan publik adalah kewenangan pemerintah dalam pembuatan suatu kebijakan yang digunakan ke dalam perangkat peraturan hukum.

 

Dari beberapa defenisi tersebut bila dikaitkan dengan realitas kehidupan bernegara kita tahu bahwa negara merupakan sebuah sistem pemerintahan yang memiliki kompleksitas tinggi, banyak hal yang harus diperhatikan, banyak hal yang perlu segera ditangani dan banyak hal yang harus diberikan pelayanan terbaik. akibatnya pemerintah sebagai pengambil keputusan tidak boleh tergesa-gesa dan objektif dalam memilih tanggapan apa ? dan tindakan seperti apa? Agar mampu memuaskan tuntutan masyarakat.

Maka dari itu kebijakan yang di ambil oleh pemerintah setidaknya harus memiliki komitment atas kebijakan yang dipilih, tahu apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, melibatkan seluruh stakeholders, memposisikan sumberdaya secara strategis, menjadikan kebijakan publik sebagai perangkat peraturan hukum yang tegas dan meningatkan pengawasan atas implementasi kebijakan mengingat  kasus korupsi yang masih tinggi dinegara berkembang seperti indonesia.

Komentar

Postingan Populer