Birokrasi Dalam Administrasi Publik

 


Halo sobat publik. Dalam artikel  kali ini saya ingin membahas suatu hal, yang saya rasa sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yaitu tentang Birokrasi. Kita perlu memahami bahwa dalam sistem pemerintahan peran birokrasi ini sangatlah penting sekali, karena tanpa adanya birokrasi maka mustahil rasanya pemerintahan bisa berjalan. jadi apakah yang dimaksud dengan birokrasi dan peranya dalam administrasi publik?

Birokrasi itu diambil dari kata bureau yang artinya meja, jadi kata birokrasi jika dikonotasikan adalah sebuah aktivitas pelayanan dari meja ke meja atau proses kerja-kerja pemerintahan dari meja ke meja, birokrasi itu sendiri sama dengan kerja-kerja eksekutif. Pada dasarnya istilah birokrasi merupakan sebuah konsep dan teori untuk mendefenisikan bagaimana seharunya sebuah organisasi pemerintah menjalankan tugasnya sebaik mungkin.  

Perkembangan konsep birokrasi tersebut pada awalnya muncul karena ditemukan penyakit pemerintahan di perancis pada tahun 1764 yang disebut "buruemania", untuk menyebutkan pemerintahan yang banyak dikeluhkan dimana para pejabat dan pegawai pemerintah saat itu diangkat bukan menguntungkan kepentingan umum, akan tetapi lebih mengutamakan kepentingan pribadi, kelompok dan atau golongan. Jika diindonesia sendiri penyakit pemerintah ini lebih dikenal dengan praktik KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).

Perkembangan konsep birokrasi yang diterapkan saat ini  merupakan hasil dari pemikiran para ahli dimasa lalu dan tokoh yang paling terkenal dalam teori birokrasi ialah Max Weber (1864-1920) dengan teori manajemen birokrasinya, beliau menekankan kepada kebutuhan akan penetapan hierarki yang sempurnah ditentukan oleh penetapan peraturan dan garis wewenang yang jelas.  Dan hal yang paling ditekankan oleh weber adalah membangun birokrasi dalam sebuah organisasi khususnya bagi organisasi publik (Pemerintah).  Adapun tokoh lainya yang mendefenisikan birokrasi antara lain sebagai berikut;

1. J.B Kristadi (1994) " Mengatakan bahwa birokrasi merupakan struktur organisasi disektor pemerintah, yang memiliki ruang lingkup tugas-tugas sangat luas serta memerlukan organisasi besar dengan sumber daya manusia yang besar pula jumlahnya.

2. Priyo budi Santoso (1997) " Mendefenisikan birokrasi adalah keseluruhan organisasi pemerintah, yang menjalankan tugas-tugas negara dalam berbagai unit organisasi pemerintah dibawah departemen dan lembaga-lembaga non-departemen, baik dipusat maupun didaerah, seperti ditingkat provinsi, kecamatan, maupun desa atau kelurahan.

3. Taliziduhu Ndraha dalam arif (2013)" Mengemukakan bahwa ada 4 macam pengertian birokrasi yang berkembang saat in.

a. Birokrasi diartikan sebagai aparat yang diangkat penguasa untuk menjalankan pemerintahan.

b. Birokrasi diartikan sebagai sifat atau perilaku pemerintahan yang buruk (patologi)

c. Birokrasi sebagai tipe ideal organisasi

d. Birokrasi (pemerintahan) adalah suatu organisasi pemerintahan yang terdiri dari sub-sub struktur  yang memiliki fungsi, peran, dan kewenangan dalam melaksanakan pemerintahan dalam rangka mencapai suatu visi, misi, tujuan dan program yang telah ditetaplan.

Berdasarkan gambaran diatas, secara sederhana kita dapat menyimpulkan,  bahwa birokrasi merupakan bentuk dari administrasi publik itu sendiri, karena birokrasi merupakan aktivitas organisasi pemerintah dan aparat pemerintah dalam menjalankan tugas negara untuk tercapainya visi, misi, taujuan dari program-program pemerintah yang sudah ditentukan agar mampu memberikan pelayanan publik terbaik kepada masayarakat sebagi upaya mewujudkan kesejahteraan setiap warganegara. 

Namun pada kenyataanya untuk mewujudkan tujuan tersebut, bukan suatu hal yang mudah dan masih sangat sulit diraih melihat masih banyak kasus-kasus pelanggaran hukum para pejabat dan pegawai pemerintah indonesia yang terjadi karena praktik KKN ataupun Mal administrasi. 

Hal tersebut dapat mengakibatkan menurunya kepercayaan publik kepada pemerintah, oleh karena itu peranan reformasi birokrasi sangat dibutuhkan dalam memperbaiki dan memperbaruhi proses birokrasi di era disrupasi saat ini.

 

Komentar

Postingan Populer