Birokrasi Dalam Administrasi Publik
Halo sobat publik.
Dalam artikel kali ini saya ingin
membahas suatu hal, yang saya rasa sudah tidak asing lagi ditelinga kita, yaitu
tentang Birokrasi. Kita perlu memahami bahwa dalam sistem pemerintahan peran
birokrasi ini sangatlah penting sekali, karena tanpa adanya birokrasi maka
mustahil rasanya pemerintahan bisa berjalan. jadi apakah yang dimaksud dengan
birokrasi dan peranya dalam administrasi publik?
Birokrasi itu diambil dari kata bureau yang artinya meja, jadi kata birokrasi jika dikonotasikan adalah sebuah aktivitas pelayanan dari meja ke meja atau proses kerja-kerja pemerintahan dari meja ke meja, birokrasi itu sendiri sama dengan kerja-kerja eksekutif. Pada dasarnya istilah birokrasi merupakan sebuah konsep dan teori untuk mendefenisikan bagaimana seharunya sebuah organisasi pemerintah menjalankan tugasnya sebaik mungkin.
Perkembangan konsep birokrasi tersebut pada awalnya muncul karena
ditemukan penyakit pemerintahan di perancis pada tahun 1764 yang disebut
"buruemania", untuk menyebutkan pemerintahan yang banyak dikeluhkan
dimana para pejabat dan pegawai pemerintah saat itu diangkat bukan
menguntungkan kepentingan umum, akan tetapi lebih mengutamakan kepentingan
pribadi, kelompok dan atau golongan. Jika diindonesia sendiri penyakit pemerintah
ini lebih dikenal dengan praktik KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).
Perkembangan konsep
birokrasi yang diterapkan saat ini
merupakan hasil dari pemikiran para ahli dimasa lalu dan tokoh yang
paling terkenal dalam teori birokrasi ialah Max Weber (1864-1920) dengan teori
manajemen birokrasinya, beliau menekankan kepada kebutuhan akan penetapan
hierarki yang sempurnah ditentukan oleh penetapan peraturan dan garis wewenang
yang jelas. Dan hal yang paling ditekankan
oleh weber adalah membangun birokrasi dalam sebuah organisasi khususnya bagi
organisasi publik (Pemerintah). Adapun
tokoh lainya yang mendefenisikan birokrasi antara lain sebagai berikut;
1. J.B Kristadi (1994) "
Mengatakan bahwa birokrasi merupakan struktur organisasi disektor pemerintah, yang
memiliki ruang lingkup tugas-tugas sangat luas serta memerlukan organisasi
besar dengan sumber daya manusia yang besar pula jumlahnya.
2. Priyo budi Santoso (1997)
" Mendefenisikan birokrasi adalah keseluruhan organisasi pemerintah, yang
menjalankan tugas-tugas negara dalam berbagai unit organisasi pemerintah
dibawah departemen dan lembaga-lembaga non-departemen, baik dipusat maupun
didaerah, seperti ditingkat provinsi, kecamatan, maupun desa atau kelurahan.
3. Taliziduhu Ndraha dalam arif
(2013)" Mengemukakan bahwa ada 4 macam pengertian birokrasi yang
berkembang saat in.
a. Birokrasi diartikan sebagai
aparat yang diangkat penguasa untuk menjalankan pemerintahan.
b. Birokrasi diartikan sebagai
sifat atau perilaku pemerintahan yang buruk (patologi)
c. Birokrasi sebagai tipe ideal
organisasi
d. Birokrasi (pemerintahan)
adalah suatu organisasi pemerintahan yang terdiri dari sub-sub struktur yang memiliki fungsi, peran, dan kewenangan
dalam melaksanakan pemerintahan dalam rangka mencapai suatu visi, misi, tujuan
dan program yang telah ditetaplan.
Berdasarkan gambaran diatas, secara sederhana kita dapat menyimpulkan, bahwa birokrasi merupakan bentuk dari administrasi publik itu sendiri, karena birokrasi merupakan aktivitas organisasi pemerintah dan aparat pemerintah dalam menjalankan tugas negara untuk tercapainya visi, misi, taujuan dari program-program pemerintah yang sudah ditentukan agar mampu memberikan pelayanan publik terbaik kepada masayarakat sebagi upaya mewujudkan kesejahteraan setiap warganegara.
Namun pada kenyataanya untuk mewujudkan tujuan tersebut, bukan suatu hal yang mudah dan masih sangat sulit diraih melihat masih banyak kasus-kasus pelanggaran hukum para pejabat dan pegawai pemerintah indonesia yang terjadi karena praktik KKN ataupun Mal administrasi.
Hal tersebut dapat mengakibatkan menurunya
kepercayaan publik kepada pemerintah, oleh karena itu peranan reformasi birokrasi
sangat dibutuhkan dalam memperbaiki dan memperbaruhi proses birokrasi di era
disrupasi saat ini.
Komentar
Posting Komentar